Kuliner Khas Kediri, Kelezatan Olahan Sate O2

    Kediri- Sejak tahun 1972, di Dusun Jengkol Desa Ploso Kidul Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri telah berdiri sebuah kuliner khas pedesaan yaitu sate bekicot atau lebih sering dikenal dengan sebutan O2. Selian lezat, kuliner sate O2 itu juga menjadi bisnis lokal yang memiliki banyak konsumen.

    Saat tim adakitanews.com bertandang kelokasi, didapati kanan kiri jalan Dusun Jengkol Desa Ploso Kidul, terdapat depot-depot yang menyediakan olahan kuliner sate O2 yang nampak berjejer rapi dan dipenuhi oleh para pecinta kuliner pedesaan itu.

    Salah satu depot yang mengawali merintis kuliner sate O2 adalah depot milik Bu Wagiman. Awal mula ide kuliner sate O2 diilhami oleh anaknya yang sedang menderita sesak napas akut. Setelah sang ayah mencari obat dan menjajal banyak ramuan ternyata sesak napas yang diderita sang anak bisa sembuh berkat mengkonsumsi olahan bekicot.

    “Awalnya sate bekicot atau O2 diilhami dari pengalaman bapak,” ungkap Hariri pengelola depot Bu Wagiman

    Menurut Hariri, semenjak kejadian itu, keluarganya bertekat membuka sebuah rumah makan yang khusus menyediakan olahan becikot dengan bumbu dan rempah-rempah khas yang mampu membuat lidah bergoyang saat menyantapnya. “Bumbu dan rempahnya resep dari keluarga mas,” jelasnya.

    Diakuinya, untuk mendapatkan bekicot sebagai stok kuliner di depotnya, Hariri, membeli dari sebuah agen siap kirim dari Probolinggo maupun dari Bojonegoro. Hariri menambahkan, pihaknya dalam sehari mampu menjual sebanyak 20 kg olahan bekicot baik dalam bentuk sate maupun cemilan kering yang dijual hingga keluar daerah.

    “Seporsi kuliner O2 kami hanya mematok harga Rp. 10 ribu,” terangnya.

    Sementara Hasan, seorang konsumen dari Pasuruan menyatakan, olahan kuliner sate O2 sangatlah lezat dinikmati pada saat hangat dan rada pedas. Selain nikmat, Hasan juga berkenyakinan olahan kuliner O2 mampu mengurangi penyakit sesak napas.

    “Desas desus masyarakat, O2 mampu meringankan sesak napas,” ungkap Hasan yang kesehariannya sebagai sopir antar daerah itu.

    Bagi anda yang sangat mencintai olahan kuliner O2, dan mampu membuat lidah bergoyang, rasanya belum afdol kalau belum pernah mencicipinya itu. Jika anda tertarik untuk merasakannya, silahkan datang dan rasakan nikmatnya olahan kuliner O2 di Dusun Jengkol Desa Ploso Kidul.(tim).

    Tagged with:     , ,

    About the author /


    SUARA DEWAN XVI/III/2017

    SUARA DEWAN XVI/III/2017

    Kediri On The Spot

    Kontak Kami



    ALAMAT KANTOR : Jalan Soekarno-Hatta 1 Kediri

    Telp : (0354) 681862 - Fax : (0354)695883

    EMAIL :

    - setwan@kedirikab.go.id

    - setwandprdkabkediri@gmail.com

    - setwandprdkedirikab@yahoo.com


    February 2016
    MTWTFSS
    « Jan Mar »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    29