DPRD Kabupaten Kediri Dukung Program Pengembangan Buah Lokal Unggul

    Kediri, SETWAN – Program penggalakan penanaman dan pengembangan Buah Lokal Unggul di Kabupaten Kediri mendapat apresiasi tinggi dan dukungan penuh dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kediri H. Sulkani.

    Bibit 1Apresiasi dan dukungan tersebut diwujudkan dengan Kunjungan Kerja ke salah satu Pembibitan Buah Unggul di Alam Tani Desa Mejono Kecamatan Plemahan milik Agus yang juga berprofesi sebagai Kepala Desa Jambu Kecamatan Kayen Kidul, Jum’at (20/5).

    Sulkani beserta rombongan mengunjungi dan melihat langsung pengembangan bibit buah unggul yang saat ini menjadi Program Unggulan Kabupaten Kediri.

    Dalam kunjungan tersebut beliau disambut langsung Agus yang didampingi Camat Plemahan Ahmad WS.dan Kepala Desa Mejono di area pembibitan.

    Lokasi pembibitan Alam Tani memang betul-betul asri dan menarik dengan berbagai bibit buah unggul beraneka ragam mulai dari Klengkeng, Durian, Sirsat, Jambu, Jeruk, Sawo, Nangka dan buah unggul lainnya. Beberapa buah lokal unggul tersebut bahkan sudah ada yang sudah berbuah seperti Klengkeng, Jeruk dan Sawo. Ujar Ahmad WS.

    Bibit 3Pada saat disambut dan disuguhi buah Klengkeng yang menjadi andalan dari Pembibitan Alam Tani. Sulkani dengan antusias menanyakan berbagai jenis buah klengkeng yang dihidangkan sambil menyatakan kepuasannya atas rasa manis buah klengkeng tersebut.
    Kedepannya sinergisitas program Pengembangan Buah Lokal Unggul ini harus ditinggkatkan. Mulai leading sektor pertanian yang menangani seperti Dinas Pertanian, Perkebunan dan BKPE. Hal ini untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas dari buah tersebut. Ujar Sulkani

    Apalagi MEA sudah harus dijalankan di negara kita sehingga buah lokal tersebut harus memiliki keunggulan spesifik yang tidak boleh kalah bersaing dengan buah-buah import. Ungkap Sulkani

    Untuk itu fasilitasi sarana dan prasarana yang mendukung pengembangan buah lokal tersebut juga harus ditingkat oleh masing-masing Dinas terkait seperti Laboratorium untuk pemeriksaan berbagai jenis tanah yang sesuai dari masing-masing wilayah. Terang Sulkani

    Sinergisitas dari dinas-dinas terkait tersebut tidak hanya berhenti pada peningkatan produktivitas dan kualitas buah tersebut. Tapi yang tidak kalah pentingnya adalah membuka dan menciptakan pangsa pasar seluas-luasnya dari buah lokal unggul yang dikembangkan tersebut. Tambah Sulkani

    Pada kesempatan tersebut Sulkani berpesan kepada Agus harus fokus terhadap buah unggul yang dikembangkan harus memiliki keunggulan dan spesifik yang tidak dimiliki oleh pembibit buah lain. Sehingga dengan demikian bibit tersebut akan memiliki nilai kompetitif dan pangsa pasar yang lebih baik. Ujar Sulkani (Kominfo)

    About the author /


    SUARA DEWAN XVI/III/2017

    SUARA DEWAN XVI/III/2017

    Kediri On The Spot

    Kontak Kami



    ALAMAT KANTOR : Jalan Soekarno-Hatta 1 Kediri

    Telp : (0354) 681862 - Fax : (0354)695883

    EMAIL :

    - setwan@kedirikab.go.id

    - setwandprdkabkediri@gmail.com

    - setwandprdkedirikab@yahoo.com


    May 2016
    MTWTFSS
    « Apr Jun »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031