Dewan Sayangkan Pemindahan Makam Tan Malaka

    Kediri, SETWAN – Keberadaan makam Tan Malaka di Desa Selopanggung Kecamatan Semen yang akan dipindah ke Pemkab Lima Puluh Kota disayangkan kalangan DPRD Kabupaten Kediri. Makam Tan Malaka di wilayah Kabupaten Kediri hendaknya bisa dipertahankan karena meninggalnya di wilayah Kabupaten Kediri.

    Tak beda jauh dengan pahlawan Nasional Mayjend Prof.Dr Mostopo yang asli Ngadiluwih Kabupaten Kediri makamnya berada di wilayah Bogor. Keluarga tidak memindahkan ke Kediri. Harusnya makam Pahlawan Tan Malaka bisa dipertahankan di wilayah Kabupaten Kediri.

    Hal ini disampaikan Antox Prapungka Jaya Ketua Fraksi Nasdem DPRD Kabupaten Kediri. Pihaknya menilai Pemkab Kediri tidak tanggap terkait keberadaan makam Pahlawan Tan Malaka ini yang seharusnya bisa jadi aset berharga Kabupaten Kediri. Dimana perlu mendapatkan perhatian lebih dan dikembangkan. “ Mengapa Pemkab Kediri terlambat dan mengijinkan tim dari Pemkab Lima Puluh Kota memindahkan makam tersebut ke Sumatra Barat,” jelasnya.

    Antox menambahkan harusnya lokasi tersebut dibangun lebih bagus karena bisa dijadikan ikon Kabupaten Kediri. Warga dari luar daerah bisa berkunjung ke Kabupaten Kediri untuk mengetahui kondisi dan situasi makam pahlawan dari Minang ini.

    Hal yang sama disampaikan Dodi Purwanto anggota DPRD dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia – Perjuangan (PDI-P), tentunya untuk mengetahui kondisi sebenarnya perlu kejelasan dengan adanya DNA. Karena memang sangat penting untuk dicocokkan dengan trah keturunan Tuan Datuk Ibrahim Tan Malaka I – VI.

    “ Terkait  Pahlawan Nasional ini pihak kita belum diajak dialog oleh Pemkab Kediri. Hal ini berbeda dengan kita saat membantu memperjuangkan pahlawan  Mayjen Prof Dr Moestopo sebagai pahlawan nasional yang makamnya di Bandung. Demikian juga dengan Tan Malaka ini jika nanti tetap di Kabupaten Kediri harus dibuatkan makam yang menthereng,” jelasnya.

    Sementara Krisna Setiawan Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemkab Kediri mengatakan, bahwa sampai sejauh ini pemindahan makam Tan Malaka masih dikaji mendalam bersama tim Pemkab Kediri. “ Masih kita dalami dan kaji bersama terkait pemindahan makam Tan Malaka ini,” katanya singkat.(tim)

    About the author /


    SUARA DEWAN XV/III/2017

    SUARA DEWAN XV/III/2017

    Kediri On The Spot

    Kontak Kami



    ALAMAT KANTOR : Jalan Soekarno-Hatta 1 Kediri

    Telp : (0354) 681862 - Fax : (0354)695883

    EMAIL :

    - setwan@kedirikab.go.id

    - setwandprdkabkediri@gmail.com

    - setwandprdkedirikab@yahoo.com


    January 2017
    MTWTFSS
    « Dec Feb »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031