Dewan Tetap Pertahankan Makam Tan Malaka

    Kediri, SETWAN – Banyaknya dukungan masyarakat agar makam Tan Malaka di Kabupaten Kediri mendapatkan sokongan dari kalangan DPRD Kabupaten Kediri. Meski pihak Pemkab Lima Puluh Kota bersikeras bahwa jasad tersebut adalah Tan Malaka namun dewan perlu pembuktian otentik.

    Tentunya dengan test DNA yang sudah dilakukan pada tahun 2009 lalu perlu diperjelas. Sampai sejauh ini berbagai kalangan masyarakat banyak mendukung makam Tan Malaka sebagai Pahlawan Nasional sesuai kepres dipertahankan di Dusun Jagul Desa Selopanggung Kecamatan Semen Kabupaten Kediri.

    Terkait hal ini, Senin (23/1) siang Komisi A DPRD Kabupaten Kediri melakukan pantauan langsung ke makam Tan Malaka di Desa Selopangung Kecamatan Semen. Pantauan tersebut sebagai tindak lanjut akan diboyongnya makam Tan Malaka ke ranah Minang oleh garis keturunan Tan Malaka I-VI.Karena beberapa waktu lalu sempat berdialog dengan Pemkab Kediri namun belum final.

    Dodi Purwanto anggota Komisi A DPRD Kabupaten Kediri menjelaskan, perlulah kiranya dikaji lebih dalam dan perlu ada dialog lebih dalam lagi antara Pemkab Kediri dan Pemkab Lima Puluh Kota Propinsi Sumatra Barat. Kepahlawanan Tan Malaka sudah diakui pemerintah melalui Keputusan Presiden.

    “Satu contoh banyak pahlawan nasional yang keberadaan makamnya tidak di daerah sendiri dan ada yang ingin memboyong ke daerah asal. Seperti Pangeran Diponegoro yang asli  Jawa Tengah namun makamnya di luar Jawa. Demikian juga Mayjend Prof Dr Moestopo yang makamnya di Jawa Tengah dan tidak di Ngadiluwih,” jelasnya.

    Sementara Krisna Setiawan Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Kediri beberapa waktu lalu mengatakan pihaknya masih mendalami dan mengkaji terkait ide Pemkab Lima Puluh Kota yang akan memboyong makam Tan Malaka ke Sumatra Barat. “Masih kita kaji dan kita dalami lagi lebih serius,” ujarnya.(tim)

    About the author /


    SUARA DEWAN XVI/III/2017

    SUARA DEWAN XVI/III/2017

    Kediri On The Spot

    Kontak Kami



    ALAMAT KANTOR : Jalan Soekarno-Hatta 1 Kediri

    Telp : (0354) 681862 - Fax : (0354)695883

    EMAIL :

    - setwan@kedirikab.go.id

    - setwandprdkabkediri@gmail.com

    - setwandprdkedirikab@yahoo.com


    January 2017
    MTWTFSS
    « Dec Feb »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031