Perlu Evaluasi  Fasilitas Umum Yang Rusak Akibat Bencana

    Kediri, SETWAN – Fasilitas umum dan fasilitas sosial yang mengalami kerusakan total akibat bencana alam di Kabupaten Kediri mendapatkan sorotan dari DPRD Kabupaten Kediri. Seperti tanggul,plengsengan,jalan raya dan area tanaman padi yang rusak harus segera mendapatkan perhatian lebih dari dinas terkait Pemkab Kediri.

    Hal ini disampaikan H.Murdi Hantoro Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Kediri. Murdi mengatakan, sangat perlu untuk dilakukan evaluasi terkait dengan kerusakan fasilitas umum utamanya jalan raya ataupun tanggul sungai yang jebol diperbaiki dengan penahan yang kuat. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat tidak dirugikan karena adanya yang rusak parah namun belum ada perbaikan.

    ‘’Potensi kerugian akibat bencana alam sudah pasti ada.Namun harus diketahui jumlahnya berapa dan harus ada bantuan untuk warga yang rumah,lahan pekarangan dan sawah yang terdampak akibat banjir.Adanya pendangkalan sungai yang kerap kali meluap airnya perlu dilakukan normalisasi sungai,” jelasnya.

    Pria yang sudah empat kali sebagai anggota DPRD Kabupaten Kediri ini menilai Pemkab Kediri tidak boleh diam mengetahui adanya jalan propinsi di wilayahnya yang mengalami kerusakan parah dan dikeluhkan warga. Perlu berkoordinasi dengan Pemprov Jatim agar perbaikan di jalur Porpinsi bisa kembali bagus dan tidak mencelakakan orang.

    ‘’Kerusakan tanggul sungai akibat luapan air perlu penahan yang kuat dan yang utama adalah normalisasi sungai penting dilakukan. Karena Sungai di Kabupaten Kediri secara umum mengalami pendangkalan akibat jarang adanya pemeliharaan aliran sungai. Kami usulkan agar normalisasi sungai jalan yang terbaik agar tidak terjadi luapan air ke sawah dan merendam sawah warga,” jelasnya.

    Sementara Hari Wahyu Djatmiko Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri mengatakan, pihaknya sampai sejauh ini masih melakukan pendataan terhadap fasilitas sosial dan umum yang mengalami kerusakan akibat bencana. Tanggul yang jebol di beberapa titik lokasi diupayakan untuk diperbaiki total.

    ‘’Terkait pedangkalan sungai, tahun depan dengan anggaran yang sudah dialokasikan kami akan normalisasi sungai di Kabupaten Kediri secara bertahap.Hal ini tentunya untuk menekan adanya luapan air yang mengalir ke sawah dan perkampungan warga,” ujarnya.(tim)

    About the author /


    SUARA DEWAN XVI/III/2017

    SUARA DEWAN XVI/III/2017

    Kediri On The Spot

    Kontak Kami



    ALAMAT KANTOR : Jalan Soekarno-Hatta 1 Kediri

    Telp : (0354) 681862 - Fax : (0354)695883

    EMAIL :

    - setwan@kedirikab.go.id

    - setwandprdkabkediri@gmail.com

    - setwandprdkedirikab@yahoo.com


    January 2017
    MTWTFSS
    « Dec Feb »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031