Upacara Memperingati Hari lahirnya Pancasila

    Setwan – Tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari lahir Pancasila, hal ini ditandai dengan dikeluarkannya Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 yang isinya menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila. Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara Republik Indonesia harus diketahui asal usulnya oleh bangsa Indonesia dari waktu ke waktu dan dari generasi ke generasi, sehingga kelestarian dan kelanggengan Pancasila senantiasa diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

    Khususnya di Kabupaten Kediri, tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahir pancasila dengan diadakannya upacara bendera di halaman Pemkab Kediri yang diikuti oleh seluruh karyawan dan karyawati di Lingkungan Pemeritah Kabupaten Kediri tanpa kecuali. Dalam upacara tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPRD kabupaten Kediri H Sulkani beserta seluruh anggota DPRD, fraksi PDI Perjuangan DPRD kabupaten Kediri serta undangan dari ormas dan organisasi kepemudaan yang ada di Kabupaten Kediri.

    Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Kediri dr.Hj.Haryanti Sutrisno dalam amanatnya yang membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dengan lantang dan tegas yaitu Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945, yang dipidatokan Ir. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

    Dengan tema  “Saya Indonesia, Saya Pancasila”, Hari ini tepat 1 Juni 2017, dikumandangkan Hari Lahir Pancasila, seluruh PNS di Indonesia mulai dari Tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten dan Pusat menyelenggarakan Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila. Walaupun hari ini suasana bulan puasa dan hari libur, tidak mengurangi semangat kebangsaan serta antusias dari peserta untuk mengikuti Upacara Hari Lahir.

    “ Adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita. Harus diingat bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman,” terang bupati dalam amanatnya.

    Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman. Dari Miangas sampai Rote juga keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia. Itulah kebhinneka tunggal ika-an kita. Namun demikian, kita juga harus waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila.

    “Pancasila itu jiwa dan raga kita. Ada di aliran darah dan detak jantung kita, perekat keutuhan bangsa dan negara. Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Indonesia, Kita Pancasila. Semua Anda Indonesia, semua Anda Pancasila. Saya Indonesia, saya Pancasila,” tegas Haryanti. (tim)

    About the author /


    SUARA DEWAN XVI/III/2017

    SUARA DEWAN XVI/III/2017

    Kediri On The Spot

    Kontak Kami



    ALAMAT KANTOR : Jalan Soekarno-Hatta 1 Kediri

    Telp : (0354) 681862 - Fax : (0354)695883

    EMAIL :

    - setwan@kedirikab.go.id

    - setwandprdkabkediri@gmail.com

    - setwandprdkedirikab@yahoo.com


    June 2017
    MTWTFSS
    « May Jul »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    2627282930