Komisi B Dorong Peningkatan Ekonomi Warga di Area Wisata

    Setwan – Gelaran Festival Kelud sejauh in masih berlangsung dan peran serta masyarakat lereng Kelud dalam kegiatan tersebut secara umum sudah diberdayakan. Terkait hal ini Komisi B DPRD Kabupaten Kediri berharap kepada Pemkab Kediri harus bisa lebih memaksimalkanlagi terkait capaian ekonomi di kawasan wisata.

    Potensi alam yang ada di kawasan Gunung Kelud utamanya dalam bursa buah ataupun penjualan berbagai jenis buah potensi alam di kawasan Ngancar harus memiliki arti tersendiri bagi warga. Potensi buah,kuliner,cindera mata ataupun lainya bisa dimaksimalkan lagi oleh warga atas binaan Pemkab Kediri.

    Setidaknya warga merasakan hasil dari event skala nasional yang selama ini menjadi andalan di wilayah Kabupaten Kediri. Setidaknya selain warga sekitar yang menikmati hasilnya, hendaknya capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) di wilayah wisata khususnya Gunung Kelud terus meningkat.

    Hal ini disampaikan Sudarmika Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Kediri yang memandang perlu keikut sertaan masyarakat dalam berbagai event di wilayah Gunung Kelud ataupun wisata edukasi lainya. Untuk menunjang tambahan ekonomi warga sekitar wisata adalah tingkat kebersihan dan sarana prasarana yang diutamakan.

    “Selama ini kita melihat partisipasi warga sekitar lereng Kelud dengan menjual beragam potensi buah,kuliner dan cindera mata atau lainya cukup memikat. Namun masih perlu pembinaan lagi untuk memaksimalkan hasil kreasi mereka. Saya rasa tidak saja di wilayah Kelud namun wilayah wisata lainya perlu digali potensinya,” jelasya.

    Politisi Partai Amanah Nasional (PAN) ini banyak berharap kreativitas warga tetap mendapatkan binaan tetap jadi perhatian pemkab.Namun kawasan wisata lainya sangat perlu mendapatkan perhatian serius dari Pemkab Kediri agar pemerataan ekonomi di kawasan wisata bisa tercapai. (tim)

    About the author /


    SUARA DEWAN XVII/III/2018

    SUARA DEWAN XVII/III/2018

    Kediri On The Spot

    Kontak Kami



    ALAMAT KANTOR : Jalan Soekarno-Hatta 1 Kediri

    Telp : (0354) 681862 - Fax : (0354)695883

    EMAIL :

    - setwan@kedirikab.go.id

    - setwandprdkabkediri@gmail.com

    - setwandprdkedirikab@yahoo.com


    October 2017
    MTWTFSS
    « Sep Nov »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031