Apresiasi Pembangunan 3 Pasar

    SETWAN – Rencana Pemkab Kediri merenovasi tiga pasar masing-masing Pasar Kras,Pasar Tiron dan Pasar Gringging Grogol harus direncanakan secara matang dan tidak boleh molor dalam pembangunan. Jika anggaran sudah disiapkan secara matang, sesuai kesepakatan pengerjaan dilakukan Juni-Juli harus bisa terlaksana dengan baik.

    Koordinasi dengan pedagang pasar untuk pembangunan relokasi pedagang juga perlu perencanaan matang. Pembuatan kios untuk pedagang tentunya harus menyesuaikan dengan kondisi luas yang sudah ada terkait ukuran panjang dan lebar. Kuntruksi bangunan sementara juga perlu diperhatikan kekuatanya hingga tahan beberapa bulan.

    Sedangkan kuntruksi pasar yang akan direnovasi hendaknya juga menyesuaikan kondisi pada masa kekinian yang mengarah pada pasar modern sekaligus tradisional. Dimana kios-kios untuk pedagang dibenahi dan dibangun dengan rapi dan baik dengan jalur khusus pengunjung pasar.Tentunya pasar modern yang tradisional yang ramah lingkungan.

    Murdi Hantoro Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Kediri menilai renovasi pasar di Kabupaten Kediri seperti pasar Bendo,Tiron,Kras dan Grogol memang mendesak. Mengingat kondisi bangunan yang sudah tua dan sangat perlu perhatian. Memang perlu renovasi pasar ini dan tidak empat pasar tersebut namun perlu dipikirkan renovasi pasar tradisional di Kabupaten Kediri.

    “Memang butuh waktu dan tahapan untuk tehnis dan perencanaannya. Karena biaya yang tidak sedikit namun langkah ini kami menilai baik karena ada upaya memperhatikan kualitas bangunan pasar agar tidak terkesan kumuh.Dengan maksud agar yang belanja bisa nyaman dan pedagang juga tenang,” jelasnya.

    Tutik Purwaningsih Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri sekaligus ketua Satgas Pangan membenarkan ada renovasi tiga pasar di Kabupaten Kediri. Sebelumnya sudah di Pasar Bendo untuk tahap 1 dan kini berlanjut tahap II. Pembangunan tiga pasar ini memakan waktu lima bulan dan dijadwalkan berakhir di bulan Desember 2019.

    “Untuk pasar Bendo Pare saat ini relokasi pedagang sudah dilakukan dan kami tempatkan di utara jalan. Untuk relokasi pedagang tiga pasar yang akan di renovasi sudah disosialisasikan dan saat ini tahap pembangunan kios sementara pedagang. Selanjutnya akan dilakukan renovasi,” ujarnya.(TIM)

    About the author /


    SUARA DEWAN XVII/III/2018

    SUARA DEWAN XVII/III/2018

    Kediri On The Spot

    Kontak Kami



    ALAMAT KANTOR : Jalan Soekarno-Hatta 1 Kediri

    Telp : (0354) 681862 - Fax : (0354)695883

    EMAIL :

    - setwan@kedirikab.go.id

    - setwandprdkabkediri@gmail.com

    - setwandprdkedirikab@yahoo.com


    August 2019
    MTWTFSS
    « Mar Feb »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031