Pembinaan Produk UMKM Harus Berkelanjutan

    SETWAN – Gelar produk home industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Kediri segera digelar dalam pekan Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri 2019. Pameran akbar UMKM menghadirkan sejumlah pengusaha UMKM ternama Kabupaten Kediri. Tentunya upaya ini sebagai salah terobosan yang dilakukan Pemkab Kediri agar kualitas produk UMKM di Kabupaten Kediri terus meningkat dan berkualitas.

    Disisi lainya dalam pameran akbar UMKM ini berpengaruh besar terhadap perkembangan ekonomi dalam usahanya. Karena transaksi yang dilakukan hingga ratusan juta dan sangat menguntungkan bagi semua usahawan muda Kabupaten Kediri.  Pemkab Kediri harus intens lagi dalam membina pelaku UMKM secara merata.

    Sudarmika Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Kediri mengapresiasi adanya perkembangan UMKM dalam setiap event yang digelar Pemkab Kediri ditingkat lokal, propinsi ataupun nasional. Secara umum menguasai pasar lokal adalah utama dan selanjutnya pengembangan secara nasional.

    “Pembinaan harus terus dilakukan secara berkelanjutan. Tentunya mereka yang belum pernah ikut pameran akbar di Pekan Budaya dan Pariwisata perlu dirangkul. Ini dimaksudkan agar tidak terjadi jarak, Pemkab Kediri perlu menumbuhkan semangat untuk pelaku UMKM baru dan yang belum pernah ikut pameran,” jelasnya.

    Politisi Partai Amanah Nasional (PAN) Kabupaten Kediri ini berharap kedepanya, keikut sertaan pelaku usaha UMKM baru harus diperhitungkan. Namun harus ada pertimbangan dengan memperhartikan kualitas produk usaha dengan kemasan yang layak untuk dijual dan berdaya saing tinggi.

    Ir Adi Suwignyo Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kediri menyatakan, ada 100 lebih pengusaha UMKM yang dilibatkan dalam pagelaran akbar pameran UMKM,Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri 2019. Setiap event selalu bergantian dari 400 pelaku usaha UMKM yang dibina oleh dinas UMKM Kabupaten Kediri.

    “Sejauh ini kami terus melakukan pembinaan dan pelatihan untuk peningkatan kualitas produk, Sumber Daya Manusia (SDM), pengemasan dan wawasan bagi pelaku usaha UMKM di Kabupaten Kediri agar lebih mendasar dan tetap dipercaya masyarakat. Ini kita maksudkan juga agar produk dari Kabupaten Kediri menasional,” ujarnya.(TIM)

    About the author /


    SUARA DEWAN XVII/III/2018

    SUARA DEWAN XVII/III/2018

    Kediri On The Spot

    Kontak Kami



    ALAMAT KANTOR : Jalan Soekarno-Hatta 1 Kediri

    Telp : (0354) 681862 - Fax : (0354)695883

    EMAIL :

    - setwan@kedirikab.go.id

    - setwandprdkabkediri@gmail.com

    - setwandprdkedirikab@yahoo.com


    August 2019
    MTWTFSS
    « Mar Feb »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031