Dorong Satgas Pangan Segera Siapkan Tim Pantauan Sembako

    SETWAN – Langkah Tim Satgas Pangan Kabupaten Kediri berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri dalam percepatan memantau ketersediaan Pangan  menjadi perhatian komisi A DPRD Kabupaten Kediri. Karena pangan harus menjadi tumpuan hidup masyarakat Kabupaten Kediri.

    Satgas pangan dalam hal ini  Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan bagian ekonomi Kabupaten Kediri. Dalam minggu ini secepatnya  melakukan pantauan stok pangan di beberapa pasar dan penggilingan padi di Kabupaten Kediri. Ini untuk mengetahui kondisi stok pangan di Kabupaten Kediri jelang akhir tahun.

    Murdi Hantoro Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Kediri meminta Pemkab Kediri benar-benar melakukan langkah pantauan harga sembako dan ternak di akhir tahun 2019 ini. Ini menyangkut harkat hidup orang banyak. Ketersediaan pangan tercukupi, masyarakat tidak bergejolak.

    “Kami berharap Satgas pangan benar-benar lakukan pantuan  untuk mendapatkan kepastian ketercukupan pangan di Kabupaten Kediri di akhir tahun 2019 ini. Ini masalah kehidupan masyarakat Kabupaten Kediri dengan harapan bisa bertumbuh lebih baik kedepanya,” ujarnya.

    Dalam minggu ini Satgas Pangan akan pantau   Pasar Induk Pare, Pasar Induk Badas dan Penggilingan/ di Gudang Beras UD Nathanie Desa Krenceng Kepung. Selanjutnya Pasar Ngadiluwih, Gudang dan Toko Sembako Cendrawasih di Jalan Raya Ngadiluwih. Hal ini berlanjut ke Pasar  Mojo dan Penggilingan Poktan  Sri Lestari Desa/ Kecamatan Semen.

    Drh.Tutik Purwaningsih Ketua Satgas Pangan Kabupaten Kediri menjelaskan, upaya pantauan pasar dan gudang penyimpanan sembako ini merupakan langkah Satgas Pangan agar tidak terjadi penimbunan sembako. Hal ini bisa saja terjadi saat beberapa sembako sulit didapat ada saja ulah distributor yang menimbun sembako.

    “Kita terus lakukan pantauan yang berkelanjutan untuk mengetahui kondisi stok sembako dan stok pangan di Kabupaten Kediri secara umum. Kita akan ketahui kemudian terkait ketersediaan pangan yang ada saat ini dan tiga bulan kedepan. Kita harapkan dengan pantauan yang kita lakukan stok sembako memadai,” ujarnya.

    Ditambahkan Tutik, sangat penting untuk mengetahui ketersediaan stok pangan saat memasuki bulan Desember. Tradisi yang biasa terjadi biasanya permintaan sembako dan pangan lainya tinggi harga melambung tinggi. Sebagain penyeimbang ini, tim akan menggelar operasi pasar di bulan Desember ini di empat lokasi yang sudah ditentukan.(tim)

    About the author /


    SUARA DEWAN XVII/III/2018

    SUARA DEWAN XVII/III/2018

    Kediri On The Spot

    Kontak Kami



    ALAMAT KANTOR : Jalan Soekarno-Hatta 1 Kediri

    Telp : (0354) 681862 - Fax : (0354)695883

    EMAIL :

    - setwan@kedirikab.go.id

    - setwandprdkabkediri@gmail.com

    - setwandprdkedirikab@yahoo.com


    February 2020
    MTWTFSS
    « Aug  
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    242526272829