Wakil Ketua DPRD Harapkan Kades Bekerja Profesional

    SETWAN – Dalam pelantikan 249 Kepala Desa terpilih dari pemilihan 30 Oktober lalu. Sigit Sosiawan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kediri hadir mewakili ketua DPRD Kabupaten Kediri yang berhalangan hadir. Sigit hadir bersama Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno dan pejabat forkompimda Kabupaten Kediri di Hall Convention Center (HCC) SLG Selasa (17/12) pagi.

    Sigit berharap kepala desa yang baru dilantik ini benar-benar bisa melaksanakan tugas dengan baik. Tanpa cacat, tidak melanggar hukum dan mengacu pada tugas yang sesuai dengan aturan dan prosedur yang berlaku. Utamanya dalam pengelolaan keuangan agar ditata secara benar dan tidak serampangan.

    Dalam mengelola keuangan agar tidak main-main karena adanya pemeriksaan yang berkelanjutan. Anggaran dana desa ataupun dana desa cukup besar, karenanya harus menyesuaikan kondisi yang ada dan ikuti tata kelola keuangan desa secara benar. Keuangan desa dimanfaatkan untuk kepentingan desa agar desa lebih maju.

    “Jangan main-main jika terkait keuangan. Hal ini sangat rawan dan kepala desa harus bijak menggunakanya. Sedangkan kepala desa baru harus ikuti bimbingan terlebih dulu agar memahami aturan pengelolaan keuangan lebih mendalam. Artinya keuangan ini harus ditata dengan benar dan jika belum paham harus tanya kepada yang memahami arus pengelolaan keuangan,” ujarnya.

    Menjadi kepala desa harus bisa mengatur perangkatnya dengan baik dan mengarahkan kinerjanya. Memberdayakan SDM masing-masing perangkat dengan bijak dan mengayomi masyarakat secara bijak juga. Yang utama harus memahami kondisi sosio ekonomi warganya secara mendetail.

    Sementara Sampurna Kepala BPMPD Kabupaten Kediri,sejatinya yang akandilantik ada 254 kepala desa sesuai dengan jumlah Pilkades pada 30 Oktober lalu. Namun ada lima kades yang tertunda pelantikan karena dua diantaranya masakerja kades berakhir 30 Desember, dua masih umroh dan satu kades sebelum dilantik meninggal.

    “Dua desa adalah Banjarejo dan desa Plemahan, desa Jemekan dan Nambaan kadesnya umroh dan Kades terpilih meninggal. Sehingga diadakan pilihan ulang dan akan dilantik 30 Desember mendatang,” ujarnya.(tim)

    About the author /


    SUARA DEWAN XVII/III/2018

    SUARA DEWAN XVII/III/2018

    Kediri On The Spot

    Kontak Kami



    ALAMAT KANTOR : Jalan Soekarno-Hatta 1 Kediri

    Telp : (0354) 681862 - Fax : (0354)695883

    EMAIL :

    - setwan@kedirikab.go.id

    - setwandprdkabkediri@gmail.com

    - setwandprdkedirikab@yahoo.com


    February 2020
    MTWTFSS
    « Aug  
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    242526272829