Ketua DPRD Hadiri Musrengbang Kabupaten Kediri

    SETWAN – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrengbang) Kabupaten Kediri 2020 untuk pembangunan Kabupaten Kediri 2021 mendatang dihadiri Dodi Purwanto Ketua DPRD Kabupaten Kediri. Dodi berharap Musrenbang ini capaianya di tahun 2021 mendatang bisa terlaksana dengan baik.

    Dodi Purwanto mengatakan,semua lini harus tergarap dengan baik dan selaras dengan konsep pembangunan di berbagai bidang di Kabupaten Kediri. Sektor pendidikan,ekonomi,sosial dan budaya yang seiring dengan percepatan pembangunan untuk penguatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang berdaya saing.

    “Kita harus berpacu untuk penguatan pembangunan di berbagai bidang.Karenanya perencanaanya harus matang dan seiring dengan visi dan misi penyelenggara pemerintah daerah. Pembangunan yang menjadi hak propinsi tentunya harus dikerjakan propinsi. Sedangkan hak pembangunan di Kabupaten Kediri harus dilakukan lebih maksimal dan terarah,” ujarnya.

    Ditambahkan Dodi,Musrengbang ini proses penyelarasan pembangunan di Kabupaten Kediri  dan harus keberlanjutan hingga  skala prioritas pembangunan tercapai. Mengacu pada musrenbang secara nasional adalah  meningkatkan daya saing  perekonomian daerah didukung oleh pembangunan inftastruktur dan SDM.

    Sukadi Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kediri menjelaskan ada tiga kelompok pembahasan dalam musrenbang tahun 2021 yang pertama kelompok yang membahas sarana dan prasarana,kelompok kedua membahas pembangunan ekonomi dan ketiga kelompok yang membas budaya.

    Ditambahkan Sukadi, skala prioritas pembangunan Kabupaten Kediri tahun 2021 adalah :  Pemerataan aksebilitas dan kualitas insfrastruktur pendukung ekonomi yang berdaya saing dengan memperhatikan lingkungan hidup dan kerentanan bencana. Pembangunan ekonomi melalui penguatan sarana dan prasarana pendukung agribis,industry,perdagangan,pariwisata dan investasi.

    “Peningkatan kualitas pelayanan dasar dengan dukungan penguatan penyelenggaraaan pemerintahan yang professional . Stabilitas politik,ketentraman dan ketertiban dengan memperkuat moderasi beragama,pelestarian nilai-nilai budaya lokal. Karenanya capaian pembangunan tahun 2021 harus meningkatm” ujarnya.

    Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno menjelaskan pembangunan di Kabupaten Kediri diberbagai bidang harus memiliki dampak positif bagi pembangunan sumber daya manusia utamanya di bidang pendidikan. Mengedepankan pendidikan merupakan tolok ukur untuk memiliki upaya mengembangkan pembangunan dengan skala prioritas utama.

    “Di Kabupaten Kediri untuk meningkatkan kesejahteraan warganya dengan melakukan bedah rumah sebanyak 900 untuk warga kurang mampu. Disisi lainya juga mengembangkan warga yang memiliki usaha UKM dengan berdaya saing untuk kawasan warga di selingkar wilis. penguatan wajib belajar  juga patut ditingkatkan dan capaian maksimal,” ujarnya.

    Jonatan Yudianto Kepala Bakesbangpol Propinsi Jatim mengatakan perencanaan pembangunan di tahun 2021 ini sentuhanya di sektor yang memiliki daya saing. Karena sektor yang berdaya saing ini berpengaruh ke sektor lain dan di forum ini perumusanya terefleksikan dalam rapat kelompok.

    “Super priority perencanaan Kabupaten Kediri harus bisa diusulkan secara jelas dan mendalam. Ada yang perlu diusulkan di tingkat Propinsi dan ada yang diusulkan ke tingkat nasional. Pembangunan selingkar wilis juga perlu diperhatikan dan Kabupaten Kediri harus cermat dan ini juga bagian visi dan misi kepala daerah,” jelasnya.

    Ditambahkan Jonatan, upaya lainya dibidang pengurangan pengangguran dengan menciptakan lapangan pekerjaan. Ini perlu dilakukan setiap daerah di Jawa Timur. Indek Pembangunan Manusia (IPM) merupakan bagian terpenting yang perlu dtingkatkan setiap tahunya.(Tim)

    About the author /


    SUARA DEWAN XVII/III/2018

    SUARA DEWAN XVII/III/2018

    Kediri On The Spot

    Kontak Kami



    ALAMAT KANTOR : Jalan Soekarno-Hatta 1 Kediri

    Telp : (0354) 681862 - Fax : (0354)695883

    EMAIL :

    - setwan@kedirikab.go.id

    - setwandprdkabkediri@gmail.com

    - setwandprdkedirikab@yahoo.com


    October 2020
    MTWTFSS
    « Feb  
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031