Maksimalkan Sosialisasi Sensus Penduduk On Line

    SETWAN – Berbeda dari sebelumnya, sensus penduduk 2020 ini dilakukan secara on line di seluruh Indonesia tak terkecuali di Kabupaten Kediri. SP on line 2020 ini menjadi perhatian serius Komisi I DPRD Kabupaten Kediri dan meminta Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kediri bisa memaksimalkan SP On line ke masyarakat secara luas.

    H.Murdi Hantoro Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kediri meminta kepada BPS benar-benar mensosialisasikan SP 2020 ini ketingkat bawah hingga dimengerti oleh masyarakat. Ada sebagian besar masyarakat yang belum mengerti proses On line SP dengan HP Android dan karenanya perlu ditindak lanjuti hingga total.

    Politisi Senior Partai Demokrasi Indonesia (PDI-Perjuangan) Kabupaten Kediri memang menggunakan cara on line akan cepat untuk menuntaskan sensus ini dan lebih hemat waktu dibanding dengan manual. Namun hendaknya SP on line di publikasikan terkait mekanisme penggunaan HP Android.

    “Tidak semua warga memiliki HP Android karenanya sensus yang didatangi ke rumah warga juga perlu ditindak lanjuti dan didata dengan situasi dan kondisi warga. Sehingga nantinya warga bisa mendapatkan data secara mendalam dengan 22 pertanyaan terkait data keluarga. Ini harus dipahami sehingga tidak menimbulkan permasalahan,” ujarnya.

    Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno mengatakan dengan jumlah penduduk Kabupaten Kediri sebanyak 1,6 juta jiwa di tahun 2020,bupati Haryanti yakin sensus penduduk on line akan selesai dalam waktu 1 bulan dan kelanjutanya warga yang kurang mampu akan didata dari rumah ke rumah.

    “Ada 22 jenis pertanyaan yang harus dijawab oleh warga di Kabupaten Kediri dengan mengirim data secara on line ke BPS. Hal ini sudah diawali oleh ASN di lingkup Pemkab Kediri dan bisa memulai sejak awal dimulainya rapat koordinasi ini melalui HP Android. Kita harapkan partispasi warga Kabupaten Kediri bisa mensukseskan program sensus penduduk ini,” ujarnya.

    Kepala BPS Kabupaten Kediri Dra. Lilik Wibawati mengatakan sosialisasi sensus penduduk secara on line sudah dilakukan dan saat ini juga masih dilakukan petugas di tingkat kecamatan dan pedesaan. Sensus penduduk ini mengedukasi masyarakat Kabupaten Kediri untuk memberikan data lengkap secara on line di sensus penduduk 2020 ini.

    “Data ini yang disampaikan ke BPS dan dijamin rahasianya. Hal ini akan menghasilkan data kependudukan di Kabupaten Kediri khususnya dan Indonesia pada umumnya secara detail dan lengkap. Ada 22 pertanyaan yang perlu mendapatkan jawaban dan warga bisa mengisi data tersebut secara lengkap,” katanya.(Tim)

    About the author /


    SUARA DEWAN XVII/III/2018

    SUARA DEWAN XVII/III/2018

    Kediri On The Spot

    Kontak Kami



    ALAMAT KANTOR : Jalan Soekarno-Hatta 1 Kediri

    Telp : (0354) 681862 - Fax : (0354)695883

    EMAIL :

    - setwan@kedirikab.go.id

    - setwandprdkabkediri@gmail.com

    - setwandprdkedirikab@yahoo.com


    October 2020
    MTWTFSS
    « Feb  
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031