Komisi III Harapkan Perbaikan Jalan Tepat Waktu

    SETWAN – Komisi III DPRD Kabupaten Kediri berharap pengerjaan jalan di Kabupaten Kediri dengan perbatasan Kediri-Jombang dan Kediri Blitar dikerjakan tepat waktu sehingga akhir Desember 2020 selesai. Pengerjaan jalan dimaksudkan untuk memberikan pelayanan transpotasi warga di Kabupaten Kediri.

    Ada baiknya pembangunan jalan tidak molor hingga awal Januari 2021. Karena selama ini pembangunan jalan harus dilakukan dengan baik dan memperhatikan kondisi lingkungan.  Sangat pentin diperhatikan pola pembangunan dengan kualitas jalan beton yang berkualitas.

    Antox Prapungka Jaya Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Kediri mengatakan informasi yang didapatkan adalah ntuk jalur Kabupaten Kediri dengan Jombang diantaranya jalan jalur Kecamatan Pagu dan Plemahan diantaranya Desa Pagu-Bogo. Selanjutnya  Kecamatan Kunjang  Plemahan meliputi Desa Bogo – Kunjang – Borolor.

    Selanjutnya penghubung Kabupaten Kediri dengan Kabupaten Blitar tepatnya di jalur Kecamatan Wates meliputi Desa Janti – Sumberagung – Wates, Wates – Ngancar serta Jalan Rajawali di Kecamatan Wates. Dua wilayah ini pembangunan menggunakan anggaran yang cukup besar.

    “Jadi sekalipun dalam Pandemi Covid 19,pengerjaan jalan harus tetap sesuai dengan rencana semula. Anggaran yang besar harus bisa dimanfaatkan dengan baik sesuai peruntukkanya. Karena ini demi kepentingan masyarakat Kabupaten Kediri untuk peningkatan transpotasi warga dan berujung pada kelancaran ekonomi warga,” ujarnya.

    Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Kediri menambahkan, pengerjaan yang dilakukan DPUPR dan rekanan harus bisa menunjukkan kualitas jalan di Kabupaten Kediri semakin baik. Harus dikerjakan tepat waktu dan tidak molor hingga diawal tahun 2021.

    “Harus dikerjakan tepat waktu dan harus dikerjakan secara professional dan berkualitas. Sehingga awet tidak rusak karena tranpotasi jalan sangat penting bagi pengguna jalan di Kabupaten Kediri-arah Jombang dan Kabupaten Kediri arah Blitar. Ini harus diperhatikan kualitas sesuai anggaran yang ada,” imbuhnya.

    Ir,Irwan Chandra Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kediri proses pembangunan jalan ini merupakan pengerjaan jalan rigid dan akan selesai target pada akhir Desember 2020 ini.  Peningkatan kualitas jalan ini menggunakan konstruksi rigid pavement atau perkerasan kaku dengan beton, karena untuk meningkatkan kualitas dan daya jalan untuk muatan berat.

    “Berdasar dari kajian Dinas PUPR, jalur tersebut sering dilalui kendaraan dengan beban berlebihan yang melebihi tonase, sehingga dengan penggunaan konstruksi rigid pavement diharapkan mampu dilalui kendaraan dengan tonase berat dan umur jalan dapat sesuai dengan umur rencana,” ujarnya.

    Irwan  menambahkan,  proyek pengecoran kali ini terdapat perbedaan metode dari pelaksanaan rigid pavement sebelumnya. Jika sebelumnya hanya dilakukan dengan menggunakan trowel atau cara semi manual, di tahun 2020 ini menggunakan alat slipform paver. Alat tersebut biasanya digunakan untuk pembangunan jalan tol dan jalan nasional. (tim)

    About the author /


    SUARA DEWAN XVII/III/2018

    SUARA DEWAN XVII/III/2018

    Kediri On The Spot

    Kontak Kami



    ALAMAT KANTOR : Jalan Soekarno-Hatta 1 Kediri

    Telp : (0354) 681862 - Fax : (0354)695883

    EMAIL :

    - setwan@kedirikab.go.id

    - setwandprdkabkediri@gmail.com

    - setwandprdkedirikab@yahoo.com


    February 2021
    MTWTFSS
    « Oct  
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728