Dewan Himbau Pantau Kemarau Basah

    SETWAN – Di bulan Juni intensitas hujan di Kabupaten Kediri masih tinggi dan hampir setiap hari hujan dan sering pula disertai angin kencang. Hal inilah yang menjadi perhatian serius komisi I DPRD Kabupaten Kediri. Karenanya Komisi I meminta  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri berharap  tetap pantau adanya curah hujan tinggi dan angin kencang ini.

    Informasi yang didapat Murdi Hantoro selaku Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kediri menjelaskan, berdasar pada pantauan dari Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagian wilayah Indonesia dikatagorikan kemarau basah. Hal inilah yang menyebabkan musim kemarau masih terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

    DItambahkan Murdi penyebab dari kemarau basah ini menurut BMKG adalah pembentukan pusaran angin karena pengaruh dinamika laut yang dinamakan vortex di selatan equator dekat pesisir barat. Untuk prediksi waktunya bisa hingga dua bulan ke depan bahkan bisa lebih.

    “Hal inilah yang perlu dicermati BPBD Kabupaten Kediri karena kondisi cuaca yang cepat sekali berubah.Untuk beberapa wilayah yang terdampak adalah pulau Jawa,Nusa Tenggara Timur,Maluku,Sulawesi dan kepulauan,Halmahera. Secara umum untuk wilayah Kabupaten Kediri juga terdampak kemarau basah ini dan kita lihat terjadi hujan hampir setiap hari dengan intensitas hujan ringan,sedang dan lebat,” katanya.

    Murdi meminta BPBD memantau kondisi wilayah Kabupaten Kediri untuk mengetahui kemungkinan dampak yang terjadi. Murdi juga  berharap kepada warga di wilayah kaki Gunung Kelud dan Gunung Wilis tetap waspada dan mengantisipasi kemungkinan adanya bencana.Hendaknya sekecil fenomen alam yang terjadi perlu diwaspadai.

    Slamet Turmudi kepala BPBD Kabupaten Kediri mengatakan  tetap lakukan koordinasi dengan tim Forkompimca,Forkompimda dan Tim Desa Siaga Bencana (TDSB) untuk memantau wilayah masing-masing. Ini upaya mengurangi terjadinya korban dan perlunya koordinasi untuk penanganan selanjutnya.(tim)

    About the author /


    SUARA DEWAN XVII/III/2018

    SUARA DEWAN XVII/III/2018

    Kediri On The Spot

    Kontak Kami



    ALAMAT KANTOR : Jalan Soekarno-Hatta 1 Kediri

    Telp : (0354) 681862 - Fax : (0354)695883

    EMAIL :

    - setwan@kedirikab.go.id

    - setwandprdkabkediri@gmail.com

    - setwandprdkedirikab@yahoo.com


    November 2021
    MTWTFSS
    « May Dec »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    2930