DPRD ajak Media Turut Melawan Hoax di Masa Pandemi

    SETWAN – Bertempat di ruang Graha Sabha Canda Bhirawa, DPRD Kabupaten Kediri mengadakan kegiatan Diskusi Tematik Pimpinan DPRD dengan para insan media pers dengan tema Bangkit dan Bersatu, Melawan Hoax di Masa Pandemi. Kegiatan diskusi tematik ini diselenggarakan DPRD Kabupaten Kediri dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2021.

    Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dodi Purwanto selaku Ketua DPRD Kabupaten Kediri, dengan dipandu oleh Mega Wulandari dari Direktur Koran Memo sebagai moderator, serta para narasumber yang sangat berkompeten dan berpengalaman dalam dunia pers, yaitu Tauhid Wijaya Direktur Radar Kediri, Bambang Iswahyoedi Ketua Persatuan Wartawan indonesia (PWI) Kediri, dan  Hari Tri Wasono dari perwakilan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kediri. Kegiatan diskusi ini dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 yang ketat, yaitu membatasi kapasitas ruang rapat hanya 30% untuk memenuhi social distancing, mewajibkan semua peserta memakai masker dan menggunakan hand sanitiser saat memasuki tempat acara.

    Dalam sambutan pembukaannya, Ketua DPRD menyampaikan bahwa diskusi dengan tema Bangkit dan Bersatu, Melawan Hoax di Masa Pandemi ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi insan media pers untuk turut serta berpartisipasi menjaga persatuan dan kesatuan  bangsa, utamanya dalam penyebarluasan informasi yang terpercaya kepada masyarakat. Maraknya penyebaran informasi yang tidak jelas atau hoax di masa pandemi ini, merupakan fenomena yang meresahkan masyarakat serta dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. “Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Bapak Presiden Joko Widodo beserta jajarannya di Pemerintah Pusat, bersama Pemerintah Provinsi hingga Pemerintah Daerah telah bersama-sama bekerja sangat keras untuk menangani wabah pandemi covid-19. Namun ditengah usaha keras pemerintah tersebut, masih terdapat halangan dan rintangan karena adanya hoax yang beredar di tengah masyarakat.

    Disinilah diperlukan semangat dan komitmen bersama dari kita semua, untuk menjalin hubungan yang harmonis dan sinergis antara media dan DPRD untuk mencegah penyebarluasan berita hoax guna mendukung terciptanya situasi dan kondisi masyarakat yang kondusif, utamanya di masa pandemi covid-19, serta sebagai wujud nyata upaya bersama dalam memelihara persatuan dan kesatuan bangsa” terang Dodi.

    Selanjutnya setelah pembukaan, para narasumber memberikan paparan secara bergantian tentang materi seputar teknologi informasi dan hoax, deteksi dan antisipasi hoax, dan terakhir materi tentang peran media dalam pencegahan penyebaran hoax. Turut serta hadir dalam acara diskusi ini perwakilan dari Perwakilan Disabilitas Kabupaten Kediri (PDKK) untuk turut hadir untuk menyampaikan aspirasinya kepada Pimpinan DPRD. (tim)

    About the author /


    SUARA DEWAN XVII/III/2018

    SUARA DEWAN XVII/III/2018

    Kediri On The Spot

    Kontak Kami



    ALAMAT KANTOR : Jalan Soekarno-Hatta 1 Kediri

    Telp : (0354) 681862 - Fax : (0354)695883

    EMAIL :

    - setwan@kedirikab.go.id

    - setwandprdkabkediri@gmail.com

    - setwandprdkedirikab@yahoo.com


    November 2021
    MTWTFSS
    « May Dec »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    2930