Apresiasi Suplay Pakan Ternak Dari DKPP Untuk Warga Isoman

    SETWAN – 60 warga di RT 02 RW 03 Dusun/Desa Turus Gampengrejo yang terpapar Covid 19 dan sedang isolasi mandiri, 17 diantaranya memilik ternak sapi d an kambing. Selama isoman mereka  mendapatkan suplay pakan ternak dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri.

    Hal ini menjadi perhatian komisi II DPRD Kabupaten Kediri.Karena dengan adanya suplay pakan ternak ini bisa membantu meringankan beban yang terpapar Covid 19 tersebut. Terlebih dengan ternak mereka perlu mendapatkan suplay berkelanjutan hingga sapi mereka kesehatanya terjaga dan membantu kesembuhan pemiliknya.

    Widyo Harsono Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kediri mengapresiasi langkah DKPP untuk saling berbagi dan ikut menyejahterakan peternak yang sedang isoman di rumah masing-masing hingga sembuh.Terlebih sebelumnya secara berkelanjutan hingga sepuluh hari ke depan kunsumsi disiapkan di dapur umum.

    “Kesejahteraan warga yang terpapar Covid 19 di desa tersebut harus tetap diperhatikan hingga sembuh. Selama ini pemilik ternak tetap disiplin dalam isoman dengan harapan cepat sembuh. Kehidupan di pedesaan selalu lengkap dengan adanya ternak berupa sapi dan kambing,” ujarnya.

    Data yang didapat Harosono adalah jumlah hewan ternak sapi jumlahnya 39 ekor dan kambing 15 ekor. Pakan ternak berupa hijauan dan gamblong untuk tambahan gizi ternak selama pemilik ternak isolasi mandiri 14 hari. Biasanya ternak tiga kali makan dalam sehari dan pakan ternak ini diberikan langsung ke ternak oleh petugas khusus.

    Sementara drh Tutik Purwaningsih Kepala DKPP Kabupaten Kediri menyampaikan kebutuhan pakan ternak bagi pemilik ternak yang isolasi mandiri merupakan bagian dari tugas SKPD Kabupaten Kediri yang secara langsung merupakan bagian Satgas Penanganan Covid 19 Kabupaten Kediri.

    Tutik menambahkan, pemberian pakan ternak sebelumnya sudah dilakukan di Dusun Krapyak Desa Jati Kecamatan Tarokan. Suplay pakan ternak ini dimaksudkan agar pemilik ternak bisa konsentrasi pada isoman yang dilakukan 14 hari. Sehingga tak terbebani dan bisa mempercepat kesembuhan.

    “Kita berikan suplay pakan ternak berupa hijauan, tambahan berupa gamblong dan vitamin. Dengan maksud agar kondisi kesehatan hewan tetap terjaga,sehat dan tidak sakit selama pemiliknya isoman. Kesehatan hewan ternak perlu diperhatikan karena hewan ternak bagi warga merupakan harta tak ternilai,” ujarnya.

    Hal yang sama disampaikan Budi Purwo Utomo SH Kepala Desa Turus menjelaskan, koordinasi lintas intansi di Pemkab Kediri,  Satgas Penanganan Covid 19 Kabupaten Kediri,Satgas Cegah Covid 19 Gampengrejo dan Satgas Cegah Covid 19 desa Turus akan berkelanjutan. Ini upaya membantu warga yang sedang terpapar Covid 19 dan bantuan dari kunsumsi untuk warga hingga pakan ternak.

    “Koordinasi dan sinergi inilah yang menjadikan kami untuk selalu saling mengingatkan pentingnya jaga kesehatan di masa Pandemi Covid 19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat saat ini. Kami berharap kepada warga yang sedang isoman bisa sembuh dengan baik dan perhatikan arahan tenaga medis,” jelasnya.

    Seperti yang diberitakan sebelumnya, 60 warga RT 02 RW 03 Dusun/Desa Turus Gampengrejo terpapar Covid 19 dan sedang isolasi mandiri. Pintu gerbang masuk RT ditutup sementara dan tidak semua orang boleh masuk dan hanya petugas khusus saja yang masuk ke RT tersebut untuk suplay makanan dari dapur umum yang dibuat Dinsos Kabupaten Kediri.(tim)

    About the author /


    SUARA DEWAN XVII/III/2018

    SUARA DEWAN XVII/III/2018

    Kediri On The Spot

    Kontak Kami



    ALAMAT KANTOR : Jalan Soekarno-Hatta 1 Kediri

    Telp : (0354) 681862 - Fax : (0354)695883

    EMAIL :

    - setwan@kedirikab.go.id

    - setwandprdkabkediri@gmail.com

    - setwandprdkedirikab@yahoo.com


    December 2021
    MTWTFSS
    « Nov Jan »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031