Dorong Penyemprotan Disinfektan Berkelanjutan

    SETWAN – Komisi II DPRD Kabupaten Kediri mengapresiasi langkah Dinas Perdagangan(Disdag) Kabupaten Kediri, yang secara intens  melakukan penyemprotan disinfektan ke Pasar di Kabupaten Kediri. Penyemprotan ini dimaksudkan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di pasar hewan.

    Widyo Harsono Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kediri,juga mendorong petugas  memberikan edukasi pentingnya jaga kesehatan diri di masa Pandemi Covid-19. Pedagang dipasar umum ataupun pasar hewan perlu menjaga kesehatan diri dengan baik agar tidak sakit saat jualan. Jika salah satu pedagang terdampak covid maka satu pasar akan lock dawn.

    Pemberian masker pedagang pasar dan pedagang hewan perlu untuk dilakukan agar mereka juga patuh pada prokes. Ini perlu dipahami pedagang agar ekonominya lancar dan dan pengunjung pasar juga semakin sejahtera. Petugas Disdag perlu berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat dan Satgas Covid 19.

    “ Dua kegiatan di satu lokasi pasar hewan ini sebagai bentuk kepedulian Dinas di Kabupaten Kediri kepada pedagang sapid an pengunjung pasar hewan untuk disiplin terhadap protokoler kesehatan (prokes) di masa pandemic-Covid 19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat,” jelasnya.

    Harsono berharap jangan sampai pedagang hewan ternak dan pengunjung terpapar Covid-19. Karenanya harus jaga kondisi kesehatan dengan baik dan jangan abaikan Covid 19. Pedagang diedukasi untuk terapkan 5 M diantaranya mengenakan masker, mengurangi mobilitas, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak dan mengurangi berkerumun.

    Tutik Purwaningsih Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri mengatakan sangat perlu secara intens mengedukasi penerapan prokes ke pedagang dan pengunjung pasar saat jelang lebaran Iedul Adha. Penyemprotan dilakukan di seluruh lingkungan pasar hewan termasuk kendaraan pengangkut hewan ternak yangf di bawa pedagang hewan ternak.

    “Pasar hewan  merupakan tempat berkumpulnya pedagang dari berbagai wilayah di Kabupaten Kediri dan berpotensi timbulnya kerumunan. Karenanya harus kita cegah terjadinya penyebaran Covid-19 di kalangan pedagang hewan ternak di pasar hewan. Jaga kesehatan di masa pandemi covid-19 sangat penting,” jelasnya.

    Tutik menjelaskan, hal ini demi kesehatan diri sendiri, keluarga dan lingkungan. Kedepankan prokes demi masa depan keluarga agar tidak sakit. Karenanya perlu jaga kondisi saat pandemi covid -19 di Kabupaten Kediri dan PPKM darurat ini.(tim)

    About the author /


    SUARA DEWAN XVII/III/2018

    SUARA DEWAN XVII/III/2018

    Kediri On The Spot

    Kontak Kami



    ALAMAT KANTOR : Jalan Soekarno-Hatta 1 Kediri

    Telp : (0354) 681862 - Fax : (0354)695883

    EMAIL :

    - setwan@kedirikab.go.id

    - setwandprdkabkediri@gmail.com

    - setwandprdkedirikab@yahoo.com


    December 2021
    MTWTFSS
    « Nov Jan »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031