Peringatan HUT ke 76 RI di Situs Persada Soekarno, Diringi Doa Lintas Agama dan Diikuti Puluhan Komunitas

    SETWAN – Upacara Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia ke 76 digelar di Situs Persada Soekarno di Ndalem Pojok Desa Pojok Kecamatan Wates digelar diapresiasi serius Komisi I DPRD Kabupaten Kediri. Upacara ini berlangsung khidmad dan diikuti oleh pecinta Soekarno di Kabupaten Kediri, warga Desa Pojok dan puluhan komunitas budaya Kabupaten Kediri.

    H.Murdi Hantoro Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kediri menyampaikan, semangat dan gelora di Situs Persada Soekarno dalam setiap acara kenegaraan patut mendapatkan pujian. Karena mereka bagian pelestari sejarah dan budaya yang meningatkan warga untukj tetap cinta pada NKRI.

    Berbagai kalangan hadir untuk ikut merayakan hari Sakral kemerdekaan RI dan Jati Diri bangsa untuk tetap mengedepankan perjuangan memantapkan perjuangan bangsa Indonesia. Terlebih pelestari budaya dan semangat patriotism ditunjukan oleh kalangan muda dan pengelola Situs Persada Soekarno.

    “Menghadirkan tokoh lintas agama dan seluruh komunitas di Kabupaten Kediri dan hadir secara khusus dan melakukan kegiatan upacara tujuh belasan sebagai penghargaan terhadap pahlawan nasional RI. Utamanya untuk Dwi Tunggal Soekarno-Hatta.Doa-doa dibacakan pemuka lintas agama di Kabupaten Kediri dan ini symbol kerukunan umat beragama di Indonesia,” jelasnya.

    Ditambahkan Murdi, semua mengajak warga untuk bersatu dan berdoa agar pandemic Covid 19 segera berakhir. Kegiatan peringatan HUT ke 76 RI di situs persada Soekarno ini sudah dimulai sejak awal Agustus lalu dengan selamatan dan doa doa keselamatan untuk usir pagebluk.

    Kus Hartono pengelola Situs Persada Soekarno mengatakan ada satu kegiatan lagi berlangsung Rabu (18/8) pagi di tempat yang sama yaitu peringatan hari berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dua moment besar ini selalu diterapkan di situs Persada Soekarno untuk mengingatkan generasi muda akan pentingnya menghargai nilai-nilai luhur dalam perjuangan pahlawan.

    “Kita merdeka karena perjuangan para pahlawan dan Soekarno mengatakan proklamasi kemerdekaan Bangsa Indonesia dan Peringatan berdirinya NKRI adalah  loro-lorone atunggal (keduanya tidak bisa dipisahkan). Karenanya generasi milenial harus memahami lebih mendalam terhadap sejarah besar negaranya,” ujarnya.

    Ditambahkan Kushartono, perlu generasi memahami sejarahnya bangsanya sebagai penguatan jati diri generasi saat ini agar tidak lupa dengan sejarah besar bangsa Indonesia. Generasi muda adalah generasi masa depan bangsa dan ini bagian dari program penguatan sumber daya manusia dan penguatan cinta tanah air Indonesia.

    Rangkaian kegiatan ini diakhiri dengan makan tumpeng (kembul bujono ondro wino) bersama seluruh peserta upacara dan penyerahan sembako untuk warga dan anak-anak kurang mampu. Makan bersama ini bentuk kerukunan dan kebersamaan dalam setiap kegiatan yang digelar di Situs Persada Soekarno Wates.(tim)

    About the author /


    SUARA DEWAN 23/XII/2022

    SUARA DEWAN 23/XII/2022

    Kediri On The Spot

    Kontak Kami



    ALAMAT KANTOR : Jalan Soekarno-Hatta 1 Kediri

    Telp : (0354) 681862 - Fax : (0354)695883

    EMAIL :

    - setwan@kedirikab.go.id

    - setwandprdkabkediri@gmail.com

    - setwandprdkedirikab@yahoo.com


    December 2021
    MTWTFSS
    « Nov Jan »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031