Komisi II Dorong DKPP Pantauan Ketersediaan Pangan

    SETWAN – Menjelang natal dan tahun baru (nataru) Komisi II DPRD Kabupaten Kediri berharap pada Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri berkoordinasi dengan Satgas Pangan Kabupaten Kediri perlu adakan pantauan ketersediaan pangan di akhir tahun 2021.

    Widyo Harsono Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kediri mengatakan penting adanya pantauan ketersediaan pangan di Kabupaten Kediri.Apakah memadai dan mencukupi untuk ketercukupan warga Kabupaten Kediri di akhir tahun 2021 dan ketersediaan pangan hingga tiga bulan berikutnya.

    Dijelaskan Harsono, sangat penting dilakukan agar warga mengetahui kondisi harga sembako dan lainya di pasar di masa pandemic Covid 19 ini. Karenanya diharapkan ketersediaan pangan mencukupi warga di Kabupaten Kediri. Ada kalanya warga tidak mampu beli sembako karena harga lonjak tinggi. “Saya kira monitoring dan evaluasi (Monev) di tingkat pedagang pasar sembako di pasar atau distributor perlu pantauan dengan maksimal. Bila perlu ada operasi pasar dan ini penting, terlebih di masa pandemic saat ini, warga dengan tingkat ekonomi sedang ke bawah pasti mencari harga dibawah harga pasar,” ujarnya.

    Harsono mengatakan, sangat penting juga memperhatikan ekonomi warga kurang mampu di saat pandemic ini. Karena ada anggota keluarga yang ter PHK sehingga ekonomi keluarga menurun dibanding sebelum pandemic. Dan pantauan harga pasar ataupun operasi pasar bisa menjadi solusi.

    Drh. Tutik Purwaningsih Kepala DKPP Kabupaten Kediri melalui Arbai,SP .MM Kabid Ketersediaan,Distribusi dan Kerawanan Pangan DKPP Kabupaten Kediri menyampaikan pantauan sidak pasar yang dilakukan DKPP ini sebenarnya rutin dan intens. “Namun karena momentnya jelang Natal dan Tahun Baru,maka intensitas pantauan dan sidak pasar lebiu intensif. Ini untuk mengetahui ada tidaknya lonjakan harga saat jelang nataru,” katanya.

    Ditambahkan Arbai, yang lebih mendalam lagi selain pantauan harga di pasar,DKPP akan gelar pangan murah di Pare. Tapi DKPP terlebih dulu fokus pada pantauan harga pasar. “Dari pantauan ini akan kita dapatkan informasi adanya harga-harga sembako dan kebutuhan lainya jelang Nataru. Kita juga akan mengetahui ketersediaan pangan di Kabupaten Kediri jelang Nataru,” katanya. Arbai menambahkan, pantauan atau sidak pasar juga ingin mengetahui pasokan dan suplay sembako,sayur mayor dan kebutuhan lainya selama jelang nataru dan di masa pandemic Covid 19 di Kabupaten Kediri.(tim)

    About the author /


    SUARA DEWAN XVII/III/2018

    SUARA DEWAN XVII/III/2018

    Kediri On The Spot

    Kontak Kami



    ALAMAT KANTOR : Jalan Soekarno-Hatta 1 Kediri

    Telp : (0354) 681862 - Fax : (0354)695883

    EMAIL :

    - setwan@kedirikab.go.id

    - setwandprdkabkediri@gmail.com

    - setwandprdkedirikab@yahoo.com


    January 2022
    MTWTFSS
    « Dec Apr »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31